Penyempurnaan Runway Hambat Pengoperasian Bandara Bawean

0
703 views

BeritaGresik.com – Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur Wahid Wahyudi menyatakan, pengoperasian Bandara Bawean, Kabupaten Gresik, masih terkendala proses penyempurnaan sisi atas landasan ancang atau “runway”.

“Seharusnya, dalam semester akhir 2014 sudah harus dilaksanaan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, setelah itu baru bisa dilaksanakan operasionalnya,” kata Wahid di Surabaya, Jumat (18/9).

Menurut dia, secara keseluruhan tidak ada masalah yang berarti dengan infrastruktur bandara atau lapangan terbang Pulau Bawean, sebab semuanya sudah selesai dan siap dioperasikan.

“Hanya masalah penyempurnaan sisi atas runway saja, dan saya sangat berharap bisa segera dikerjakan agar bisa segera dioperasionalkan untuk mempermudah akses masyarakat,” tutur Wahid.

Dia menjelaskan, Provinsi Jatim yang memiliki 38 kabupaten dan kota sangat memerlukan akses cepat transportasi karena dapat membantu perputaran ekonomi. Apalagi keberadaan jalan arteri sudah sangat padat.

“Karena itu, selain kereta, program kita adalah menggunakan angkutan udara antar kota jarak dekat, seperti yang sudah terealisasi yakni Surabaya-Banyuwangi, Banyuwangi-Denpasar, Surabaya-Sumenep serta Surabaya-Jember,” ujarnya

Pihaknya berharap pemerintah menyiapkan dana subsidi jika lapangan terbang Bawean sudah siap, karena maskapai tidak akan untung untuk operasi awal. [as]