Muspika Tambak Tutup Tambang Pasir Liar

0
382 views
Muspika Tambak tutup tambang pasir liar. (Foto: Dari)
Muspika Tambak tutup tambang pasir liar. (Foto: Dari)

BeritaGresik.com –┬áMuspika Kecamatan Tambak bersama kepolisian dan koramil melakukan penutupan terhadap penambangan liar yang dilakukan warga di daerah pantai Pekalongan, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik Sabtu (18/6/16).

“Di situ kan terjadi abrasi parah karena pasirnya ditambang secara besar-besaran, pasirnya habis. Agar tidak menambah kerusakan lingkungan yang lebih parah, kita tutup,” kata Camat Tambak, Narto, Sabtu (18/6/2016).

Ke depan, terang Narto, pihaknya akan melakukan kajian dan musyawarah dengan warga terkait wilayah yang boleh ditambang, termasuk kadarnya. Selain itu, akan dibahas juga beberapa aturan terkait perizinan penambangan.

“Kita petakan ke depan, karena warga butuh membangunan juga, kan butuh pasir. Kita musyawarahkan agar lingkungan Bawean tetap terjaga, kebutuhan pasir terpenuhi. Fan juga izin penambangan sebagaimana dijelaskan di sosialisasi kemarin,” paparnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi izin penambangan dan memperhatikan lingkungan sekitar, terutama tempat-tempat wisata. Jika tak sesuai aturan, pihaknya akan mengambil langkah tegas sesuai hukum yang ada.

“Tolong perhatikan lingkungan, lengkapi izin penambangannya. Jika masih melanggar tidak segan akan mengambil tindakan tegas, karena pengrasakan lingkungan itu sanksinya berat sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (gfr)