Kemenhub akan Verifikasi Lapangan Terbang Bawean

0
623 views

BeritaGresik.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) didampingi tim Unit Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura, berencana menuju pulau Bawean pada hari ini (18/6). Mereka akan melakukan verifikasi Lapangan Terbang (Lapter) Bawean.

Rencana kedatangan Kemenhub ke Pulau Bawean itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik Andhy Hendro Wijaya. Selain verifikasi lapter, menurut Hendro  tim Kemenhub juga mulai memindahkan peralatan navigasi menuju Lapter Bawean.

Sejumlah perangkat seperti radar dan navigasi yang dibawa UPT Bandara Udara Trunojoyo tersebut akan digunakan untuk persiapan melakukan uji coba lapter Bawean.

Selain alat navigasi, tim Kemenhub akan membawa mobil pemadam kebakaran (damkar) ke lapter Pulau Bawean.

Namun demikian, proses untuk mendatangkan sejumlah peralatan dari Surabaya menuju Bawean masih terkendala transportasi laut. Sebab, kapal pengangkut sedang diperbaiki. ’’Damkar ini salah satu SOP bandara. Nanti damkar ini stand by di Lapter Bawean,’’ kata Hendro.

Dengan adanya persiapan dan pemindahan peralatan itu, Andhy berharap lapter Bawean dapat dioperasikan sebelum Lebaran. ’’Semoga lapter segera beroperasi untuk mudik dan balik Lebaran,’’ tandasnya.

Sementara terkait masalah analisis dampak lingkungan (amdal) udara yang masih ngendon di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim, Hendro mengatakan bahwa pekan depan BLH Jatim akan mengadakan rapat koordinasi terkait dengan amdal udara yang diajukan Pemkab Gresik.

Menurut Hendro, Pemkab Gresik telah mengirimkan revisi kondisi terkini lapter Bawean. Revisi tersebut dilakukan karena amdal udara diajukan pada 2006 silam. ’’Kami sudah merevisinya sesuai dengan kondisi kekinian,’’ ucapnya.

Pihaknya meyakini lapter Bawean dapat segara dioprasikan jika sertifikat laik dari Kemenhub dan amdal udara sudah keluar. Apalagi Kemenhub dan BLH Jatim sudah bergerak cepat. “Kalau sertifikat laik dari Kemenhub dan amdal udara sudah keluar, lapter bisa dioperasikan,’’ pungkasnya. [as]