Jazilul Fawaid Tekankan Pentingnya Penanaman 4 Pilar Kebangsaan

0
109 views
Anggota MPR Jazilul Fawaid dalam seminar Empat Pilar Kebangsaan di Kantor DPC PKB  Lamongan, Senin (18/04/2016). (Foto: BG/As)
Anggota MPR Jazilul Fawaid dalam seminar Empat Pilar Kebangsaan di Kantor DPC PKB Lamongan, Senin (18/4/2016). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jazilul Fawaid menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsan dalam kehidupan sehari-hari. Shingga tercipta kehidupan rukun dan damai.

“Sebagai bangsa yang besar, Indonesia lambat laun kadang tidak sesuai dengan ruh Demokrasi Pancasila. Karena itu, perlu penguatan pemahaman nilai-nilai kebangsaan,” kata Jazilul dalam seminar Empat Pilar Kebangsaan di Kantor DPC PKB  Lamongan, Senin (18/04/2016).

Menurut anggota Fraksi PKB di DPR ini, karakter kebangsaan dapat dibangun melalui penerapan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan. Pemahaman itu dirasa sangat penting untuk pembangunan karakter manusia Indonesia.

“Sebab menerapkan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, berarti mewujudkan jati diri bangsa,” ungkapnya.

Masyarakat diyakini akan hidup rukun dan damai jika mengimplemtasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Sebab, empat pilar mengajarkan sikap toleran, saling menghargai dan tunduk pada hukum yang berlaku di negara ini.

Dalam forum sosialisasi yang dihadiri sekitar 150 orang peserta ini, Jazilul juga menyinggung beberapa kasus kekerasan terhadap anak yang marak terjadi belakangan ini, termasuk kekerasan seksual dan bentuk kekerasan lainnya.

Karena itu, Jazilul mengajak semua lapisan masyarakat mengaktualisasikan  nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, agar tercipta rasa saling hormat menghormati dan toleransi terhadap perbedaan. (as)