Nusron Wahid Sangat Geram Tak Bertanggungjawabnya PPTKIS

0
299 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, mengungkapkan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) tidak pernah memberikan laporan mengenai keberadaan TKI di luar negeri.

Kata Nusron, PPTKIS terkesan lepas tangan dan menyerahkan keberadaan TKI kepada agensi yang ada di luar negeri.

Padahal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2004, kata Nusron, PPTKIS harus memberikan laporan enam bulan sekali mengenai TKI yang mereka kirim ke luar negeri.

“Seharusnya PPTKIS dengan mitra itu memberikan laporan enam bulan sekali keberadaan TKI. Tidak ada satupun laporan minimal sejak saya masuk (menjabat) belum ada,” ujar Nusron dalam dialog bertajuk ‘Elegi Untuk TKI’ di di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta, Sabtu (18/4/2015).

Nusron pun mengungkapkan kebobrokan PPTKIS mengurus TKI yang mereka kirim sendiri. PPTKIS selalu berdalih tidak bertanggung jawab dalam perlindungan TKI karena sudah menyerahkan kepada agensi mitra di luar negeri.

Kata Nusron, pengiriman TKI seperti pengiriman barang ekspor. Setelah barang selesai dikirim, maka semua urusan selesai.

“Kalau jadi masalah, biasanya PPTKIS itu biasanya bilang itu bukan wewenang kami Pak. Ini tanggung jawab agensi sana. Ini seperti ekspor barang. Kirim barang susdah selesai,” ujar Nusron.

Untuk itu, lanjut Nusron, pihaknya akan segera menata PPTKIS tersebut karena lembaga tersebut diberikan kewenangan oleh undang-undang.

Salah satunya adalah direksi PPTKIS harus memiliki sertifikat manajemen resiko dan segala macam laporan periodik untuk keberadaan TKI. []