Kerap Jadi Korban Jalan Rusak, Buruh Demo Dinas PU Gresik

0
1,511 views
Buruh berunjuk rasa di Kantor Dinas PU Gresik terkait jalan rusak di Gresik. (Foto: BG/Wan)
Buruh berunjuk rasa di Kantor Dinas PU Gresik terkait banyaknya jalan rusak di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Buruh yang tergabung dalam organusasu Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (FSP KEP) Gresik berunjuk rasa di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gresik, Senin (17/10/2016).

Mereka mengeluhkan banyaknya jalan yang rusak di sejumlah wilayah di Gresik, khususnya jalan dari wilayah pertigaan Tenger, Kecamatan Manyar sampai ke jembatan Bungah, Gresik.

Karena itu, buruh di Gresik menuntut agar pemerintah, dalam hal ini Dinas PU Gresik segera melakukan perbaikan jalan yang rusak. Para demonstran juga menggelar orasi di halaman Kantor PU, yakni di Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo.

“Korbannya mayoritas pekerja pabrik. Kami mendesak Dinas Pekerjaan Umum Gresik untuk segera memperbaikinya,” kata M Aksin, pengurus dewan pimpinan cabang FSP KEP Kabupaten Gresik.

Perwakilan demonstran sempat bertemu Kepala PU Gresik Bambang Isdianto. Terkait banyaknya jalan rusak, Bambang mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Surabaya.

“Itu jalan nasional, sehingga kami tidak ada kewenangan untuk memperbaiki. Kami sudah berikirim surat ke Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Surabaya tapi belum ada perbaikan,” ujarnya.

Bambang menambahkan, pihaknya memiliki tim reaksi unit reakai cepat (URC) dalam menangani jalan rusak. “Tapi tidak bisa berbuat banyak,” imbuhnya. (wan)