125.493 Warga Gresik Belum Rekam E-KTP

0
946 views
Ilustrasi rekam data E-KTP
Ilustrasi rekam data E-KTP

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik termasuk salah satu daerah di Jawa Timur yang penduduknya banyak belum rekam data KTP Elektronek (E-KTP). Untuk itu, Dispendukcapil Gresik terus menggenjot angka perekaman data E-KTP.

Hingga jelang akhir pekan Jumat (16/9), dari 974.057 jumlah penduduk wajib KTP, mereka yang sudah terekam 848.564 jiwa. Hanya tersisa 125.493 jiwa atau 14,7%. Demikian seperti dilansir Jawa Pos pada Sabtu (16/9/2016).

Kepala Dispendukcapil Gresik Hermanto Sianturi menyatakan, pihaknya akan terus memaksimalkan proses rekam data sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kendati Kemendagri menyatakan memperpanjang batas perekaman E-KTP hingga pertengahan 2017 mendatang, Dispendukcapil tetap berpedoman pada surat edaran (SE) Kemendagri bahwa deadline perekaman 30 September.

’’Akhir September ini perekaman harus tuntas. Sebab, hingga kini belum ada surat edaran baru dari Kemendagri. Kami berpedoman pada SE lama,’’ ujar Hermanto.

Saat ini Dispendukcapil menambah waktu pelayanan di luar hari aktif guna menggenjot perekaman data. Pelayanan dibuka pada Sabtu dan Minggu. (zr)