Ratusan Siswa Deklarasi Gresik Kota Layak Anak

0
610 views

BeritaGresik.com – Sejumlah anak di Gresik yang tergabung dalam Komunitas Anak Gresik (KAG) mendeklarasikan Kabupaten Gresik sebagai kota layak anak. Deklarasi tersebut diikuti sekitar 250 siswa dengan rentang usia 13 hingga 17 tahun.

Deklarasi Gresik layak kota anak ini ditandatangani langsng oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Usai menandatangani, Sambari mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung program itu.

“Untuk ini pemerintah merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penyelenggaraan perlindungan anak,” kata Bupati Sambari saat memberi sambutan dalam acara deklarasi di Aula Graita Eka Praja Gresik, Rabu (16/9).

Menurut dia, kegiatan ini sangat positif bagi perkembangan anak-anak di tengah keprihatinan atas adanya kasus trafficking dan narkoba. Ironisnya, dua hal itu sudah jadi hal biasa di lingkungan siswa.

“Semoga dengan deklarasi antara pemerintah dan Forum Anak Gresik untuk menuju kabupaten layak anak menjadi benteng mental anak-anak sebagai generasi mendatang,” tandasnya.

Kepala Kantor KBPP Kabupaten Gresik Adi Yumanto mengungkapkan, Komunitas Anak Gresik sudah terbentuk sejak 2010. Kegiatan ini sebagai usaha pemenuhan hak anak, seperti hak akan akta kelahiran, fasilitas dan kesehatan.

“Hak anak bisa dilibatkan dalam pembangunan serta hak-hak lainnya yang bersifat positif,” terang Adi. [wan]