Anak Pramuka Harus Terampil dan Pantang Menyerah

0
595 views

BAWEAN, BeritaGresik.com – Menjadi anak pramuka tidak cukup hanya berbekal sikap disiplin dan terampil semata. Dalam jiwa seorang anggota pramuka juga harus tertanam prinsip pantang menyerah.

Hal itu disampaikan Camat Tambak Bawean, Narto, di depan 992 peserta perkemahan jambore ranting di Bumi Perkemahan Desa Telukjatidawang, Kec. Tambak Bawean, Gresik beberapa waktu lalu.

“Logo pramuka adalah tunas kelapa, filosofinya dimana pohon kelapa itu bisa hidup dimana saja,” kata Narto saat membuka Jambore Perkemahan Ranting.

Artinya, lanjut Narto, seorang anggota pramuka harus dapat  hidup dan berkarya  dimana saja, cepat beradaptasi, serta tidak gampang menyerah dengan keadaan.

Sebab, dalam jiwa seorang anak pramuka  telah  ditanam jiwa kemandrian, disiplin, cakap dan terampil dalam menjalani hidup, serta peduli pada lingkungan.

Menurut Ketua Panitia Abdul Basit, perkemahan yang digelar selama tiga hari sejak Rabu (12/8) hingga Jum,at (14/8) beberapa waktu lalu diikuti 41 SD/MI dan SLTP/ MTs.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diisi dengan perlombaan ketangkasan, orientasi lingkungan, senam pagi, api unggun, serta pentas seni.

Disamping itu  panitia juga menyediakan tempat bazar kuliner, hasil karya tradisional  masyarakat Bawean, serta permainan untuk anak-anak. [Pengirim berita: Irfan]