Pelapor Makelar Jabatan Bakal Diberi Hadiah Umrah

0
475 views
Foto: Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari-Qosim.
Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari-Qosim. (Dok. BAG)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto punya cara unik dalam memberantas praktik jual beli jabatan. Dia akan memberi hadiah Umrah ke Tanah Suci bagi masyarakat yang berani melaporkan adanya makelar jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Saya mendengar dari masyarakat saat saya menghadiri suatu acara, bahwa ada pejabat yang menjadi makelar jabatan. Saya sangat terkejut dan geram atas hal itu,” kata Sambari di Gresik, Minggu (17/4/2016).

Karena itu, Sambari akan menyelidiki laporan tersebut. Jika nantinya terbukti ada pejabat yang menjadi makelar jabatan akan diberi sanksi tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Jelas ini dapat memperburuk citra Pemkab Gresik yang saat ini ingin menjadi lebih baik. Apabila ada di antara masyarakat umum yang menemukan kasus tersebut dengan pelaku dan bukti-bukti yang jelas, segera laporkan kepada saya,” ucapnya.

Sambari mengaku akan menyiapkan hadiah ibadah Umrah kepada warga yang berani dan membuktikan adanya pejabat yang menjadi makelar jabatan di lingkungan pemkab setempat.

“Bagi PNS yang berani melaporkan akan saya siapkan hadiah kenaikan pangkat istmewa, atau Umrah. Bagi masyarakat bisa bebas memilih hadiahnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, penempatan atau mutasi jabatan setiap PNS di lingkungan Pemkab Gresik harus menunjukkan prestasi, dedikasi dan loyalitas terhadap pemerintahan. Tindakan makelar jabatan tidak sesuai dengan undang-undang. (wan/ant)