Tagihan Listrik DPRD Gresik Capai Rp 45 Juta per Bulan

0
347 views
Kantor DPRD Gresik. (Foto: Istimewah)
Kantor DPRD Gresik. (Foto: Istimewah)

BeritaGresik.com – Jelang lomba hemat energi antar SKPD dalam rangka HUT Pemkab Gresik ke-42 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-529, ternyata masih banyak gugus tugas Hemat Energi dari masing-masing SKPD yang bingung dan resah.

Keresahan itu salah satunya diutarakan perwakilan Sub bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga Sekretaris DPRD Gresik, Anang Yohansyah, saat melakukan technical meeting yang berlangsung di Ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik, Rabu (17/2/2015).

“Bagaimana kami bisa menang, sementara tagihan listrik Kantor DPRD Gresik sebesar 45 juta rupiah,” kata Anang dengan nada pesimistis. Anang juga menyampaikan jika hampir semua lampu di kantor DPRD Gresik sudah menggunakan light emitting diode (LED).

Lebih lanjut, gugus tugas hemat energi kantor DPRD Gresik itu menjelaskan, bahwa daya listrik di Kantor DPRD Gresik sebesar 250 ribu KVA/watt. Anang mengaku, jika tongginya tagihan listrik per bulan itu tak terlepas dari padatnya kegiatan DPRD Gresik belakangan ini.

“Dibanding periode yang lalu, saat ini hampir setiap hari ada hearing” paparnya. Padahal, pihaknya sudah mengganti semua lampu yang dulunya TL menjadi lampu LED. ”Dengan keadaan ini apakah saya bisa menang sebagai kantor hemat energi,” tanya dia.

Menanggapi keluhan Anang, Imam Asyari dari Dinas ESDM Propinsi Jawa Timur selaku pembicara menyatakan, bukan berarti kantor yang tagihan listriknya tinggi tidak akan menang. Tapi penilaiannya berdasarkan Intensitas Konsumsi Energi (IKE) listrik yaitu luasan gedung serta upaya penghematan listrik.

Mendengar pernyataan Anang, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Mighfar Syukur, selaku moderator juga kaget mendengar jumlah tagihan listrik yang harus dibayar kantor DPRD Gresik. “Kalau masa saya dulu saat menjabat masih di kisaran Rp 20 juta,” ucapnya. (wan)