Butuh Sinergi Guru-Orangtua Cegah Kenakalan Remaja

0
416 views
Pertemuan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dan kader PKK Kabupaten Gresik di Gedung Putri Mijil, Selasa (15/11/2016). (Foto: Dwi)
Pertemuan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dan kader PKK Kabupaten Gresik di Gedung Putri Mijil, Selasa (15/11/2016). (Foto: Dwi)

BeritaGresik.com – Tingkat kenakalan anak-anak dan remaja saat ini dinilai sangat memprihatinkan, mulai dari model rambut yang di semir, merokok di depan umum, egoisme, hingga ada yabg terjerumus dalam pergaulan bebas.

Situasi di atas menjadi keprihatinan para orangtua dalam sebuah pertemuan yang diselenggarakan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan dan kader PKK Kabupaten Gresik di Gedung Putri Mijil, Selasa (15/11/2016).

Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfah Sambari HR mengatakan, guru di sekolah, orangtua dan masyarakat memikiki peran penting dalam mencegah kenakalan remaja. Namun, ketiganya tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Jadi, harus sinergi agar hasilnya bisa maksimal terutama dalam membentuk karakter anak,” kata Maria Ulfah.

Menurut dia, tidak ada salahnya jika sekolah menyediakan ruang khusus untuk memperkuat komunikasi dengan orangtua dan masyarakat. Komunikasi sekolah dan orangtua dikatakan tidak cukup dilakukan saat pembagian rapot.

Ulfah menekankan agar komunikasi antara orangtua dengan guru di sekolah dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, terutama dalam hal evalusi terhadap perkembangan anak.

Sementara itu, Moh. Nasim, perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Gresik mengatakan, pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.

Menurut dia, pendampingan orangtua dalam pendidikan anak diwujudkan dalam suatu cara orang tua mendidik anak. Cara orang tua mendidik anak inilah yang disebut sebagai pola asuh. (dwi/as)