Tim SMA Muhammadiyah 1 Gresik Raih Penghargaan OPSI 2015

0
886 views

BeritaGresik.com – Tim SMA Muhammadiyah 1 Gresik meraih penghargaan khusus dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2015 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kegiatan yang berlangsung pada 11-16 Oktober 2015 ini digelar di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C Universitas Airlangga, Surabaya.

Pada OPSI 2015 ini ada 88 naskah penelitian yang lolos seleksi. Perinciannya 30 naskah kategori IPS dan 58 naskah kategori IPA.

Direktur Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Purwadi Sutanto mengatakan, OPSI dilaksanakan sejak 1977, waktu itu kegiatannya bertajuk Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR).

Pada OPSI di ACC Surabaya, peserta menampilkan sejumlah karya, di antaranya peneliti dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang menggali sejarah Gresik dalam jaringan penyebaran Islam di Nusantara abad XIV-XVI.

Adapun siswa SMAN 1 DIY Yogyakarta mengusung hasil penelitian tentang ancaman perubahan struktur interaksi sosial tingkatan bahasa Jawa di Kota Yogyakarta. [as]

OPSI 2015