Tak Cairkan Dana Desa, Bupati Bisa Dipidana

0
557 views

BeritaGresik.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menegaskan bahwa bupati yang tak mencairkan dana desa akan diberi sanksi. Tindakan itu dianggap sama dengan tidak menaati Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa.

“Kalau tak mau mencairkan maka melanggar UU dan itu bisa dipidanakan,” kata Marwan di sela diskusi antikorupsi bertajuk “Mengawal Dana Hingga Ke Desa” di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (10/16).

Dia mengungkapkan, hingga kini masih ada beberapa kabupaten/kota yang tak mau mencairkan dana desa tanpa alasan jelas. Karena itu, pihaknya akan merekomendasikan ke Mendagri dan Menkeu agar menunda Dana Alokasi Khusus (DAK) kabupaten/kota yang tak mau mencairkan dana desa.

Khusus di Jatim, mantan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI tersebut menyebutkan, sampai sekarang tinggal Kota Batu yang belum mau menerima dana desa dan tak membuka rekeningnya sehingga belum terkirim.

“Padahal beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur sudah mencairkan dana desa baik tahap I dan sebagaian tahap II. Apa yang dilakukan Wali Kota Batu itu termasuk pelanggaran dan bisa dipidanakan,” ucapnya. [as]