PKK Gresik Temukan Cara Efektif Sosialisasikan KB

0
635 views
Permainan inovasi untuk program KB. (Foto: Istimewa)
Permainan inovasi untuk program KB. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Langkah terobosan dilakukan PKK Gresik terkait metode sosialisasi program Keluarga Berencana (KB), yaitu lewat permainan Beberan. Metode ini dinilai efektif dalam menyampaikan pesan kepada warga.

Hal itu disampaikan ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfah Sambari HR di ruang kerjanya, Jumat (16/9/2016).

Dia memaparkan, ada banyak kegiatan untuk menanggulangi berbagai masalah sosial, namun saat ini menggunakan permainan yang dikenal Beberan diyakini sangat efektif dalam sosialisasi.

Beberan merupakan permainan mirip dengan monopoli, dimana pemainnya ada sekitar 10 orang atau lebih. Salah satunya yaitu konselor atau petugas yang menguasai permasalahan.

“Contohnya yang kita peragakan ini yaitu beberan KB, berarti harus ada satu konselor atay penyuluh yang membidangi masalah KB,” terang Ulfah.

Permainan ini dipandang sangat efektif dalamĀ  memecahkan masalah atau memberikan solusi, karena warga langsung terlibat. Jika ada masalah, saat itu juga di bahas dan diselesaikan.

“Karena itu, maka setiap tahun kita selalu mengadakan lomba Beberan, dan kita sempat menjadi juara I Beberan tingkat provinsi,” pungkasnya. (dewi/as)