Mahasiswi Jerman Tertarik Belajar Pencak Silat di Gresik

0
1,414 views
Mahasiswi asal Jerman tertarik belajar pencak silat Pagar Nusa di Gresik. (Foto: BG/Wan)
Mahasiswi asal Jerman tertarik belajar pencak silat Pagar Nusa di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Seorang Mahasiswi asal Leuphana Universitat Lunerberg Jerman, Clara Naujoks (19), tertarik untuk belajar seni pencak silat di Gresik. Bahkan, setiap gerakan pencak silat tidak luput menjadi perhatiannya.

Mahasiswi jurusan budaya, dan digital media itu mengaku terpukau usai melihat atraksi silat Pagar Nusa yang diperagakan puluhan sisiwi MI (Madrasah Ibtida’iyah) NU Trate Putri Gresik.

“Saya sangat tertarik karena baru pertama kali melihat seni beladiri tradisional pencak silat di Gresik,” kata Cara di Gresik, Jumat (16/09/2016).

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Menurut Carla Naujoks, selama ini dirinya hanya melihat olahraga boxing di negaranya. Sedangkan di Indonesia baru pertama kali melihat seni beladiri dengan gerakan yang indah.

“Pencak silat memiliki estetika di setiap gerakannya. Hal ini berbeda dengan olahraga boxing,” ujarnya.

Kendati mengalami kendala bahasa saat memberikan instruksi pukulan dan tendangan. Namun, pelatih pencak silat Pagar Nusa Cabang Gresik, Siti Saidah (25), mengaku bangga atas ketertarikan warga asing terhadap Pagar Nusa.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami, sebab ada orang asing jauh-jauh datang dari Jerman sangat antusias ingin tahu banyak soal seni beladiri pencak silat,” kata Siti.

Sementara Kepala Sekolah MI (Madrasah Ibtida’iyah) NU Trate Putri Gresik, Purwanto menuturkan, seni beladiri pencak silat merupakan ekstrakulikuler yang paling diminati oleh para siswi.

“Setiap seminggu sekali para siswi rutin menjalani latihan sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya nenek moyang,” tuturnya.

Pencak silat Pagar Nusa menarik perhatian Carla Naujoks, mahasiswi asal Jerman yang juga native speaker program Bahasa Inggris di ICP (International Class Program) MI NU Trate Putri Gresik. (wan)