Kenang Pejuang Kemerdekaan, Ratusan Pelajar di Bawean Adakan Renungan Malam

Ratusan pelajar dan santri MTs dan MA Mambaul Falah Bawean Gresik mengadakan renungan malam di lereng Gunung Pataonan. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Banyak cara yang dilakukan warga dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini. Salah satunya mengadakan renungan malam seperti dilakukan ratusan pelajar dan santri MTs dan MA Mambaul Falah Bawean Gresik.

Di malam perayaan HUT kemerdekaan RI tahun 2019 ini, para pelajar dan santri tersebut mengadakan renungan malam di lereng gunung Pataonan, Desa Gelam, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik.

Dengan hanya berbekal lilin sebagai penerangan, para pelajar antusias mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh dewan guru tentang peran Kiai Asyik Mukri, salah satu pejuang kemerdekaan asal Desa Gelam.

Pengasuh MBI Mambaul Falah Ali Subhan berharap, kegiatan pada malam ini dapat menumbuhkan semangat patriotisme di kalangan para santri.

Dalam kesempatan itu, Ali Subhan juga memaparkan bahwa kemerdekaan ini diraih dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Bahkan, tidak terbilang jumlah nyawa yang melayang demi tercapainya cita-cita kemerdekaan ini.

“Dalam meraih kemerdekaan tak sedikit juga para ulama yang syahid demi bangsa ini, dan kita semua ini tinggal mengisinya dengan sebaik-baiknya sesuai tugas dan porsinya masing-masing,” tuturnya.

Karena itu, sudah sewajarnya para santri berada di garda terdepan dalam meneruskan perjuangan para pahlawan, salah aatunya yakni mengisi masa mudanya dengan cara giat belajar.

Rencananya, acara ini akan dilanjutkan dengan upacara kemerdekaan di lereng Gunung Pataonan. Usai upacara, para santri akan diajak untuk mendaki hingga puncak Gunung Pataonan, Gelam. (abr)

No Response