Rusa Bawean Masuk Dalam 25 Spesies Kunci

0
1,479 views

BeritaGresik.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menargetkan sebanyak 10% penambahan populasi 25 spesies kunci, salah satunya Rusa Bawean yang tergolong spesies langka dan diklasifikasikan terancam punah.

Di habitat aslinya yakni di Bawean, populasi Axis Kuhlii atau sejenis rusa yang saat ini hanya ditemukan di Pulau Bawean itu diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 ekor.

“Kami punya target dalam lima tahun ini bisa mengembalikan populasi 25 spesies kunci sampai dengan 10%,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, di Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (9/8).

Dia menjelaskan, satwa yang termasuk pada spesies kunci itu antara lain harimau Sumatera, macan tutul Jawa, owa Jawa, gajah Sumatera, bekantan, orang utan Kalimantan, orang utan Sumatera, rusa Bawean, badak Sumatera, dan badak Jawa.

Dalam memenuhi program yang dimulai pada 2015 itu, Kementerian LHK dibantu sejumlah tempat penangkaran yang bertugas mengembangbiakan dan membesarkan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya.

“Untuk kepentingan konservasi ini, harus ada juga peningkatan populasi yang kelak disumbangkan oleh para penangkar ke alam, sehingga kita patut menghargai usaha mereka,” ucapnya.

Ketika para penangkar terus berupaya menambah jumlah hewan-hewan itu, menurut dia, pemerintah daerah, jajaran kementerian dan Unit Pelaksana Teknis LHK akan menjaga keberlangsungan ekosistem dan populasi satwa-satwa yang dilindungi tersebut.

“Kerja sama ini sangat penting karena menjadi tanggung jawab untuk menjaga kekayaan alam, sumber daya genetik, dan sekaligus menjaga komitmen internasional yang selama ini selalu didorong IUCN,” pungkasnya. [as]