Express Bahari Janji Persempit Ruang Gerak Calo

0
424 views
Kapal Cepat Express Bahari di Pulabuhan Gresik. (Foto: BG/Abr)
Kapal Cepat Express Bahari di Pulabuhan Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Maraknya pemberitaan terkait praktik calo tiket kapal yang melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Gresik ke Pulsu Bawean akhir-akhir ini membuat manajemen kapal Express Bahari angkat bicara.

General Manager Regional PT. Sakti Inti Makmur (Express Bahari) Albet menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam konteks memberantas praktik calo tiket kapal.

Komitmen itu, terang Albet, dibuktikan dengan diberlakukannya harga yang sama antara di kantor dan agen resmi Express Bahari. Dengan begitu, pihaknya memberikan komisi tersendiri bagi agen Bahari tanpa menaikkan harga tiket.

“Harga tiket di kantor dan di agen sama saja sesuai harga resmi. Kami memberi komisi untuk agen. Jadi, kalau ada orang beli tiket diatas harga yang ditentukan managemen kami, itu bukan tanggung jawab kami, salah penumpangnya yang ngeyel,” tegas Albet, Kamis (16/6/2016).

Hanya saja, lonjakan penumpang akhir-akhir ini membuat pihak di luar Bahari memanfaatkan situasu sebagai ladang emas buat mereka, terlebih saat ini kapal Bahari masih menjadi idola penumpang rute Gresik-Bawean dan sebaliknya.

“Karena kebetulan kapal kami yang paling diminati, maka saat-saat seperti ini dijadikan ladang emas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di luar Bahari,” terangnya.

Karena itu, Albet mengimbau agar calon penumpang kapal miliknya tidak membeli tiket selain ke Kantor PT. SIM dan agen-agen resmi Express Bahari.

Albet juga mengingatkan kepada anak buahnya yang terbukti menjual tiket di luar harga resmi. Dia mengatakan tidak akan segan menindak tegas dengan pemecatan bagi orang dalam Express Bahari yang terlibat praktik calo tiket.

“Kalau terbukti ada karyawan saya yang main-main dengan harga tiket ini, laporkan sama saya, saya tidak segan-segan untuk memecat dia,” tegasnya.

Untuk itu, Albet berjanji pihaknya akan terus melakukan pemantauan lebih ketat terhadap mekanisme penjualan tiket armada kapal Express Bahari miliknya.

Dengan diberlakukan tiket sesuai KTP, dia memerintahkan kepada petugas Bahari agar tidak mengizinkan calon penumpang yang namanya tidak sesuai dengan kartu identitas miliknya. Lalu, tiket tersebut harus dihanguskan.

“Saya sudah perintahkan kalau nama tidak sesuai dengan KTP, sobek aja tiketnya,” pungkas Albet. (abr)