Praktik Calo Tiket Kapal Resahkan Warga Bawean

0
449 views

BeritaGresik.com – Dugaan maraknya praktik calo tiket kapal laut rute Gresik-Bawean menjelang puasa Ramadhan dan lebaran kian meresahkan warga Bawean. Mereka berharap sejumlah stakeholder bertindak cepat memberantas praktik yang dinilai sangat merugikan calon penumpang tersebut.

Salah satu calon penumpang asal Bawean, Ika, mengaku sangat kesulitan untuk mendapatkan tiket kapal laut tujuan Bawean. Padahal, dirinya harus segera pulang ke Bawean guna mengikuti tes masuk di salah satu sekolah menengah atas.

“Ia, padahal saya sebentar lagi akan mengikuti tes-tesan di SMA Negeri di Pulau Bawean. Kalau nggak dapat tiket, nanti saya bisa gagal masuk sekola,” kata Ika kepada BeritaGresik.com pada Selasa (16/6).

Dia mengaku sudah mencoba mencari tiket kapal ke loket yang ada di Pelabuhan Gresik melalui bantuan bibiknya. Saat itu pula dirinya justru mendapat tawaran tiket yang dijual seharga Rp 500.000 per  satu tiket.

Harga tiket tersebut tentu jauh dari harga yang ditetapkan sebelumnya. Mahalnya harga tiket kapal diduga kuat akibat adanya permainan calo yang memanfaatkan tingginya permintaan tiket ke Pulau Bawean.

Ika berharap sejumlah pihak terkait seperti pemerintah, pengusaha kapal, serta pihak kepolisian segera bertindak memberantas praktik calo tiket kapal. Pasalnya, praktik itu sudah sangat meresahkan para calon penumpang. [AS]