Nusron Ancam PPTKIS Penyunat Gaji TKI

0
410 views

BeritaGresik.com – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid geram dengan kelakuan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang melakukan pemotongan gaji di luar ketentuan struktur biaya penempatan.

Nusron memberikan ultimatum agar mereka segera menghentikan praktik itu dan mengembalikan kelebihan biaya ke TKI yang telah dirugikan akibat pemotongan gaji yang melebihi ketentuan.

“Perlakuan tidak manusiawi oleh beberapa PPTKIS terhadap TKI dengan mengenakan pemotongan gaji yang melebihi ketentuan struktur biaya masih terjadi. Contohnya TKI di Singapura dalam jabatan Penata Laksana Rumah Tangga atau PLRT, gaji mereka per bulan SGD 570, namun dipotong SGD 500, jadinya TKI hanya terima SGD 70 setiap bulan,” kata Nusron, Selasa (15/9).

Atas hal tersebut, pihaknya telah melakukan pembahasan bersama dengan KBRI Singapura yang diwakili oleh Konsul Sukmo Yuwono. Selanjutnya Nusron memastikan akan minta kepada 16 PPTKIS yang telah melakukan pelanggaran untuk mengembalikan kepada TKI yang bersangkutan.

“Kalau dalam batas yang ditentukan tidak diindahkan maka PPTKIS tersebut akan dikenakan tunda layanan. Artinya PPTKIS tadi tidak akan dapat melakukan proses penempatan,” pungkasnya. [as]