Warga Diminta Pro Aktif Ikut Cegah Calo Tiket

0
283 views
Petugas melakukan pemeriksaan tiket penumpang di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Gfr)
Petugas melakukan pemeriksaan tiket calon penumpang di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Gfr)

BeritaGresik.com – Manajemen Express Bahari Pulau Bawean berkomitmen memberantas praktik calo tiket kapal. Bahari menerapkan kebijakan tiket harus sesuai dengan nama yang tertera dalam identitas calon penumpang kapal.

Karena itu, mulai sekarang calon penumpang harus menunjukkan kartu identitas pada saat membeli tiket maupun ketika boarding. Kartu identitas tersebut berupa KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar dan kartu identitas lainnya.

“Yang pasti manajemen melakukan tindakan terhadap isu-isu di luar tentang pencaloan. Jadi, penerapan beberapa aturan yang ada itu di buat untuk memberantas calo,” tegas M Fakhrurrazi, Kepala Cabang PT SIM Pulau Bawean.

Menurut dia, tiket dianggap hangus jika calon penumpang tidak mampu menunjukkan kartu identitas atau nama yang tertera dalam tiket tidak sama dengan kartu identitas yang ditunjukkan.

Penerapan aturan ini, kata Fakhrurrazi, bukti manajemen Express Bahari sangat tidak mendukung adanya praktik calo. “Ini pembuktian kepada masyarakat manajemen Express Bahari sangat tidak mendukung praktek calo,” terangnya.

Untuk itu, manajemen perusahaan kapal yang melayani rute Gresik-Bawean ini meminta masyarakat agar berperan aktif mencegah adanya praktik calo. Misalnya, melapor ke polisi jika ditemukan tiket dijual dengan harga di luar ketentuan.

“Saya harap masyarakat berperan aktif, jangan membeli tiket kepada calo. Kalau ada yang menjual di atas harga normal yang ditetapkan laporkan saja kepada polisi,” inbuhnya. (gfr)