Dishub Gresik Siap Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran

0
456 views
Calon penumpang di pelabuhan Gresik.
Calon penumpang di pelabuhan Gresik.

BeritaGresik.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik menyatakan kesiapannya mengantisipasi lonjakan pemudik menjelang lebaran tahun ini.

Sebagai antisipasi, saat telah disiapkan jadwal keberangkatan kapal pulang dan pergi (PP) dari Gresik ke Pulau Bawean. Dua kapal yang dijadwalkan PP, yakni Express Bahari dan Natuna Ekspres.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kabid Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, Sukardi, saat ditemui di kantornya di Gresik, Selasa (14/6/2016).

Namun, kebijakan itu masih tergantung pada situasi dan kondisi cuaca di Laut Jawa. Dishub juga dikatakan masih akan melihat jumlah pergerakan penumpang yang akan mudik ke Pulau Bawean.

“Nanti menjelang lebaran, kalau cuaca baik kita atur jadwal PP untuk Bahari dan Natuna, tapi kalau cuaca gak mendukung jelang lebaran kita genjot PP lebih awal,” ungkapnya.

Jika semua kapal yang melayani rute Bawean-Gresik, baik kapal Express Bahari, Natuna Ekspres dan Giliiyang tidak bisa berangkat akibat cuaca buruk, Dishub akan meminta bantuan kepada pihak Darma Lautan Utama (DLU).

“Kalau ternyata nanti cuaca benar-benar buruk, dan semua kapal ke Bawean gak berangkat, kita upayakan ke DLU supaya bisa singgah ke Bawean,” ujarnya.

Sementara jika ada operator kapal yang tidak berangkat akibat kerusakan dan masalah teknis, Sukardi menekankan kepada pihak KSOP segera mengirim pemberitahuan, sehingga Dishub dapat mengambil tindakan yang diperlukan.

“Seperti saat ini, kapal Natuna gak berangkat saya gak tahu, gak ada pemberitahuan dari KSOP. Kalau saya tahu dari kemarin Bahari sudah saya perintahkan PP,” pungkasnya. (abr)