Keramik Eropa Hingga Majapahit Ditemukan di Pulau Bawean

0
1,053 views
Keramik peninggalan Kerajaan Majapahit ditenukan di Bawean. (Foto: Illing Beku)
Keramik peninggalan Eropa dan Kerajaan Majapahit ditemukan di Bawean. (Foto: Illing Beku)

BeritaGresik.com – Selama beberapa hari melakukan penelitian di Pulau Bawean, tim dari Badan Arkeologi Yogyakarta (Jogja) berhasil menemukan sejumlah barang penting dari bangkai kapal peninggalan kolonial Belanda.

“Kami berhasil menemukan keramik-keramik Eropa, lalu ada meriam alam, meriam panggul dan meriam mobile,” kata Peneliti dari Badan Arkeologi Yogyakarta, Heri Krisyanto, kepada BeritaGresik.com, Minggu (15/5/2016).

Selain meneliti bangkai kapal kolonial di sekitar Pulau Cina, yang terletak di desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, tim arkeologi dari Jogja tersebut juga melakukan penelitian di sejumlah kawasan di Pulau Bawean.

Meriam peninggalan kolonial Belanda. (Foto: Illing Beku)
Meriam peninggalan kolonial Belanda. (Foto: Illing Beku)

Menurut Heri, tim yang dipimpinnya menemukan keramik Yuan yang sudah berusia ratusan tahun. Barang tersebut diidentifikasi sebagai peninggalan masa kerajaan Majapahit, yakni pada abad ke-14 sampai masa kedatangan Eropa.

Selain itu, ditemukan juga keramik Cina masa Dinasti Ching pada abad ke-16 dan ke-17 yang masih tersisa di rumah-rumah penduduk. “Mereka mengaku banyak menjual keramik-keramik tersebut kepada orang Probolinggo,” ujar Heri.

Lalu, ditemukan juga pelabuhan dan pemecah ombak di depan pesangrahan yang dibangun pada masa kolonial. Banyaknya penemuan itu disimpulkan bahwa pulau Bawean berperan penting dalam lintas perdagangan Nusantara. (gfr)