Ratusan Eks Pekerja PT. Wim Cycle Unjuk Rasa di Kantor Dewan

0
522 views
Minta dipekerjakan lagi, ratusan eks pekerja PT. Wim Cycle unjuk rasa di Kantor Dewan. (Foto: BG/Wan)
Ingin dipekerjakan lagi, ratusan eks pekerja PT. Wim Cycle unjuk rasa di Kantor Dewan. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Ratusan mantan pekerja di PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries (Wim Cycle) yang berada di Jalan Raya Bambe, Kecamatan Driyorejo, Gresik, kembali unjuk rasa ke Kantor DPRD Gresik, Jumat (15/4/2016).

Dalam aksinya, eks pekerja di PT Wim Cycle tersebut meminta kepada DPRD agar menjembatani permasalahan mereka dengan bekas perusahaannya. Mereka berharap agar dipekerjakan lagi.

Mereka menilai pemutusan hubungan kerja (PHK) dilakukan tidak prosedural. PHK dilakukan akibat tuntutan pekerja dari tenaga kontrak menjadi pekerja tetap. Karena tuntutannya tak dipenuhi, terjadi mogok kerja hingga akhirnya di-PHK.

Menurut pekerja yang tergabung dalam Serikat Buruh Kerakyatan (SBK) unit PT Wim Cycle PHK itu, tuntutan menjadi pekerja tetap bukan tanpa dasar yang jelas. Mereka mengaku sudah menjadi pekerja kontrak sudah bertahun-tahun.

“Kita mogok kerja sudah memberi tahu ke Perusahaan, tapi anehnya perusahaan tidak memberi tahu ke serikat pekerja tapi langsung ke rumah masing-masing melalui surat ke rumah masing-masing sehingga pekerja tidak mengetahui,” kata Sudarko (40), Ketua SBK PT Wim Cycle.

Sedikitnya ada 158 orang buruh yang di rumahkan. Mereka mengaku sudah melaporkan apa yang dialami ke Komisi IX DPR RI, dengan harapan masalah ini menjadi perhatian anggota Dewan. (wan)