GP Ansor Netral dalam Pilkada Gresik

0
605 views

BeritaGresik.com – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Gresik menyatakan netral dalam Pilkada 9 Desember mendatang. Kendati begitu, organisasi kepemudaan Nahdlatu Ulama (NU) ini menekankan agar kader di 365 ranting tidak golput.

Mereka dibebaskan mendukung pasangan calon sesuai ijtihad politik masing-masing. Hal itu disampaikan Sekretaris PC GP Ansor Gresik Agus Juanidy Wahid di Gresik, Minggu (13/9).

Menurut dia, keputusan sikap netral merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) antara pimpinan cabang dengan 16 pimpinan anak cabang (PAC) se-Kabupaten Gresik di kantor PCNU.

“Sesuai PD/PRT (perautan dasar dan peraturan rumah tangga, red) Ansor dan penegasan Muktamar NU ke-33 di Jombang yang menguatkan lembaga maupun lajnah yang bernaung di bawahnya berpegang teguh pada Khittah NU 1926, yang artinya tidak berpolitik praktis,” ujarnya.

Dengan demikan, pengurus dari level cabang, anak cabang hingga ranting tidak boleh mengatasnamakan organisasi GP Ansor Gresik untuk mendukung salah satu pasangan calon.

“Kami menghormatri setiap hak politik warga. Hanya saja, kami tidak menginginkan terjadinya konflik yang dapat mengancam stabilitas keamanan lokal, regional maupun nasional. Bagi kami keutuhan umat, khususnya warga Nahdliyyin menjadi harga mati,” tegas dia. [zr]