Kekeringan di Gresik Kian Meluas

0
668 views

BeritaGresik.com – Kekeringan di sejumlah desa atau kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik terus meluas. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik saat ini sudah memetakan 39 desa di tujuh kecamatan yang terserang efek kekeringan akibat kemarau panjang.

Sejumlah kecamatan yang mulai terserang efek kekeringan tersebut diantaranya, Kecamatan Benjeng, Balongpanggang, Duduksampeyan, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, dan Kecamatan Cerme.

Menghadapi bencana kekeringan, Polres Gresik bahkan mulai mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah menggunakan sebuah mobil arwour water canon (AWC) milik Polres setempat.

Dengan dipimpin Wakapolres Kompol Indra Mardiana dan Kasat Sabara AKP Donatus mobil AWC itu keluar masuk desa. Pertama mobil langsung menuju Dusun Ploso, Desa Kalipadang, Kecamatan Benjeng.

Kendati awalnya warga dibuat kaget. Namun, setelah disampaikan maksud tujuan untuk droping air bersih, warga langsung berhamburan. Dengan membawa timba, jirigen dan bak mandi, warga mengantri air bersih yang dibagikan secara gratis. Sebab, sebelumnya warga terpaksa membeli air.

”Awalnya takut juga. Tapi se-telah dikasih tahu untuk droping air bersih, akhirnya kami merasa terbantukan. Sebab, air telaga sudah mengering dan untuk kebutuhan sehari-hari beli air tangki Rp120 ribu,” aku Sutarno, 41, warga RT 4 Desa Kalipadang.

Wakapolres Gresik Kompol Indra Mardiana mengatakan, sengaja droping air dengan membawa mobil water canon. Karena dengan membawa mobil tersebut kapasitas airnya cukup banyak, lebih dari satu tangki yang mampu menampung 5.000 liter air bersih.

“Kami tahu saat ini di beberapa wilayah Gresik terlanda kekeringan. Bahkan, wilayah cakupan kekeringan terus meluas. Karena itu, kami ingin ikut aktif dalam membantu meringankan beban warga,” pungkasnya kepada wartawan. [as]