LSM Lira Kritisi Bupati Gresik Soal Bandara Bawean

0
924 views

BeritaGresik.com – Bupati LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Gresik Sahar Sulur mengkritisi Bupati Gresik Sambari Halim Radianto atas gagalnya persemian operasi Bandara Bawean sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Dia menilai, Bupati Gresik tidak konsisten dengan janjinya segera mengoperasikan Bandara Bawean yang selama ini kerap disampaikan ke publik atau masyarakat Bawean.

“Ini kan sama saja janji palsu dan juga kebohongan publik. Kalau memang bukan kapasitasnya untuk ngomong Lapter Bawean gak usah ngomong lah biar gak jadi boomerang,” kata Sulur di Gresik (14/6).

Menurut dia, Bupati Gresik kerap menjanjikan rencana operasi Bandara Bawean. Salah satunya Bupati pernah menyatakan Bandara Bawean akan diresmikan dan dapat beroperasi pada akhir 2014.

Terakhir, lanjut Sulur, Bupati Sambari bersama rombongan Pemda dalam kunjuangannya ke Bawean pada 9 Juni lalu bertekad  mengupayakan Bandara Bawean dapat beroerasi menjelang lebaran tahun ini.

“Padahal radar, navigasi dan telekomunikasi bandara belum siap. Ini hanya akan jadi bola panas yang bisa ditendang ke mana-mana, apalagi pembangunan lapter sudah mulai sejak 2012,” pungkasnya.

Pemuda asal Bawean itu juga mengingatkan kepada tokoh Bawean yang sekaligus anggota DPRD Provinsi Jatim, Samwil, agar  tidak hanya bisa mengkritisi Bupati Sambari.

Sulur berharap Samwil juga ikut mengupayakan memepercepat beroperasinya Lapter Bawean yang hingga kini masih terkendala izin Amdal. Sebab, masalah Amdal menjadi wewenang BLH Provinsi Jatim.

Sebelumnya Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto mengatakan, pihaknya bertekad segera mengoperasikan lapter Bawean. Menurut dia, rencana pengoperasian lapter tinggal menunggu izin Amdal dari Pemprov Jatim.

Hal itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat meninjau langsung kesiapan lapter di Bawean pada Selasa (9/6). Sambari menilai  saat ini tahap pembangunan Bandara Bawean sudah selesai seratus persen. [SLR]