Dewan Minta BUMD Gresik Samudra Dibubarkan

0
575 views
DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Wan)
DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – DPRD Kabupaten Gresik tampaknya sudah tidak sabar untuk membubarkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Gresik Samudra. Hingga kini perusahaan tersebut tak kunjung memberikan pendapatan untuk daerah.

Selama ini, modal awal yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Gresik serta BUMD Gresik Migas hanya digunakan untuk kebutuhan operasional serta membayar gaji karyawan.

Rencana pembubaran BUMD Gresik Samudra kembali mencuat dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) LKPj DPRD Kabupaten Gresik.

Dewan berencana merekomendasikan kepada Bupati Gresik agar mendesak Gresik Samudra untuk segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Ini sebagai langkah awal pembubaran Gresik Samudra.

Anggota Pansus LKP DPRD Gresik Moh Syafi’ AM mengatakan, kondisi Gresik Samudra sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Sebab, selama tiga tahun berdiri perusahaan tersebut tidak menunjukkan adanya perkembangan yang lebih baik.

“Ngapain dipertahankan kalau memang tidak memberikan keuntungan. Ini kan perusahaan,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, Gresik Samudra saat ini semakin terpuruk lantaran adanya aturan modal Rp 300 miliar agar bisa membeli kapal sendiri. Sedang modal sebesar ini, pihaknya yakin Gresik Samudra tidak mungkin bisa memenuhi.

“Kalau beli kapal saja tidak bisa terus mau kerja apa lagi, kan tujuan awalnya memang untuk itu,” terang dia.

Ditambahkan, pihaknya bakal merekomendasikan pembubaran BUMD Gresik Samudra pada rapat paripurna penyampaian hasil pembahasan Pansus LKPj.

Pihaknya berharap Pemda Gresik bisa menindaklanjuti hal tersebut. “Sudah tidak mungkin diselamatkan jadi lebih baik dibubarkan saja,” imbuhnya.

Sementara itu, pihak BUMD Gresik Samudra menolak untuk dikonfirmasi. Saat dihubungi, Direktur Keuangan Gresik Samudra Basuki Murrahman berdalih sedang ada urusan di luar.

“Tidak ada itu, saya tidak tahu. Coba tanya sama dewan,” ujarnya singkat saat dihubungi awak media. (wan)