Hadapi Gempuran Semen Impor, SI Rembang Didesain Super Ramah Lingkungan

0
288 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Semen Indonesia di Rembang berencana di bangun dengan tekhnologi modern yang super ramah lingkungan. Hal ini untuk mengantisipasi persaingan produsen semen yang super ketat. Selain itu, sekaligus untuk mengantisipasi ancaman banjir semen impor.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (Persero) (SMGR), Suparni, mengatakan merasa perlu membangun benteng untuk menjaga pangsa pasar agar tidak direbut pesaing. Karena itu mereka harus terus berekspansi untuk meningkatkan kapasitas.

Suparni menerangkan yang bakal dibangun di Rembang itu sejatinya adalah pabrik yang khusus didesain oleh para ahli supaya ramah lingkungan. Salah satunya, pabrik didesain sebagai pabrik proses kering. Artinya, proses produksi semen tidak menggunakan air. Penggunaan air dirancang minimal agar tidak menggangu cadangan air di sana.

“Selain itu, jika Anda melewati pabrik semen di Rembang itu, Anda tidak akan tahu di mana lokasi cerobong asapnya. Itu karena cerobongnya nyaris tidak mengeluarkan asap,” Suparni menjelaskan.

Meski demikian, diakui Suparni bahwa membangun pabrik baru bukan perkara mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi. []