TNI Bantu Warga Gresik Bersihkan Aliran Sungai

0
506 views
Personel TNI membantu warga Cerme membersihkan sungai untuk pengairan sawah. (Foto: BG/Wan)
Personel TNI dari Koramil 08/Cerme membantu warga membersihkan sungai untuk pengairan sawah. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jajaran Kodim 0817 Gresik, lewat Koramil 08/Cerme Kecamatan Cerme, Gresik melaksanakan karya bakti pembersihan sungai yang berdekatan dengan lahan sawah dan pemukiman penduduk, Desa Suko Anyar Kecamatan Cerme, Gresik.

Kegiatan karya bakti ini dilakukan oleh TNI sebagai rasa tanggung jawab dan keprihatinan atas kondisi lingkungan hidup, khususnya bentangan sungai yang menjadi satu-satunya untuk perairan sawah warga.

Banyak tumpukan sampah dan ilalang yang menutupi sungai, menjadi atensi rasa tanggung jawab dalam mensukseskan program swasembada pangan. Sebab, lahan ratusan hektar milik warga itu bergantung pada sungai tersebut. Dengan begitu, diharapkan sungai bisa berfungsi dengan maksimal.

“Saya meminta kesadaran masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi saat ini kita sebenarnya sudah memasuki musim hujan. Jangan anggap remeh karena dapat memicu permasalahan banjir,” tegas komandan Koramil 0817/08 Cerme, Kapten Infantri Mohammad Zainudin SH, kemarin.

Sekira puluhan warga sekitar sungai turut ambil bagian bersama anggota Koramil Cerme. Mereka membersihkan alang-alang dan sampah. Kedangkalan sungai juga jadi prioritas pembersihan. Warga sangat terbantukan dengan personil dari Koramil Cerme, pasalnya masa tanam tahap awal (MT1) sudah dimulai.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Abu Hasan, juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa memperhatikan lingkungan sekitar. Apalagi, wilayah selatan Gresik seperti Kecamatan Cerme yang berdampingan dengan Kecamatan Benjeng menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

“Pastinya kita apresiatif kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan TNI, karena sangat membantu. Dari data BMKG Surabaya, pertengahan Desember sudah memasuki musim hujan, jadi kepedulian masyarakat juga berperan penting,” tandas Abu Hasan. (wan)