Survei LSI Kembali Menangkan Sambari-Qosim

0
1,181 views
Survei LSI (Foto: Wan)
Survei LSI (Foto: Wan)

GRESIK, BeritaGresik.com – Lingkaran Survei Indonesia kembali memotret suasana pilkada Kabupaten Gresik yang tinggal 25 hari lagi. Dalam survei yang dilakukan selama 45 hari, Lingkaran Survei Indonesia itu ada 17,0 persen responden berpotensi golput. Padalnya pesta rakyat pada 9 Desember nanti tinggal menghitung hari.

Hasil survei Lingkaran Survey Indonesia (LSI), pimpinan Denny JA, untuk ke dua kalinya memastikan Sambari Qosim bakal memimpin kembali Kabupaten Gresik 2015 – 2020. Menurut Ardian Sopa selaku kepala penelitian Lingkaran Survei Indonesia, metode yang dilakukan LSI dengan cara wawancara, tatap muka responden menggunakan kuisioner, SQ mengalami kenaikan. Dengan margin erorrnya ±4,8 persen. Dari 440 respoden 50 persen pemilih perempuan, dan 50 persen pemilih laki-laki.

Alasan lain kenapa paslon incumbent SQ unggul, lanjut Ardian Sopa, ada lima item yang membuat SQ masih tinggi. Dari hasil survei pertama pada bulan September dan survei kedua bulan Oktober hingga 5 November mengalami peningkatan. Meski kenaukan tidak signifikan, namun menjadi hal penting bagi pasangan calon nantinya.

“Pertama, tingkat pengenalan incumbent tinggi yakni 97,9 menjadi 98,6 persen untuk Sambari dan M.Qosim 90,2 menjadi 92,0 persen. Sebaliknya Husnul Khuluq 78,4 menjadi 78,6 persen, dan Ahmad Rubaie 17,8 menjadi 22,0 persen. Sedangkan Ahmad Nurhamim 15,5 menjadi 18,0 persen, sedangkan Junaedi 11,9 menjadi 12,3 persen,” terang Ardian Sopa, Jumat 13/11/2015.

Dinamika tingkat elektabilitas pasangan calon ketiganya mengalami kenaikan jika dibanding survei awal bulan September dan servei kedua bulan Oktober-November ini. Dalam grafik menunjukkan 2.5 persen untuk SQ, 1.8 persen untuk Berkah dan 1.1 persen untuk Arjuna. Hampir disemua daerah incumben mendominasi karena secara sosialisasi di atur oleh KPU dan hal ini menjadikan kampanye incumbent menjadi lebih mudah, ” paling tidak lima tahun sebelumnya sudah dikenal masyarakat,” tambah Ardian Sopa.(wan).