Kemendagri Undur Batas Waktu Perekaman E-KTP

0
1,262 views
Ilustrasi E-KTP
Ilustrasi E-KTP

BeritaGresik.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan toleransi batas waktu perekaman data E-KTP hingga pertengahan 2017. Hal itu mundur dari tenggat waktu sebelumnya yakni sampai akhir September 2016.

Pemberian kelonggaran batas waktu itu dikemukakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai melakukan pantauan terkait pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Kauman Semarang, Senin (12/9/2016).

Keputusan itu diambil oleh Kemendagri karena sampai sekarang masih banyak warga yang belum melakukan perekaman data E-KTP. “Masih banyak warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik,” kata Tjahjo.

Dengan demikian, kata Memdagti, maka tenggat waktu perekaman data KTP elektronik yang semula akhir September diundur menjadi pertengahan tahun depan.

Terkait ketersediaan blangko E-KTP, yang belakangan menjadi kendala di sejumlah daerah, pria kelahiran Surakarta, 1 Desember 1957 memastikan stok di pusat sangat mencukupi.

Tjahjo meminta bagi kabupaten/kota yang ketersediaan blanko KTP elektronik sudah menipis atau habis dipersilakan untuk mengambil di pusat dengan prosedur yang sudah ditentukan.

“Tentunya, harus disesuaikan dengan jumlah warga yang rekam KTP elektronik, bukan kebutuhan warga secara keseluruhan,” ujar Tjahjo.

Diaemgungkapkan, banyak blangko KTP elektronik yang menumpuk di sejumlah daerah tertentu karena jumlahnya melebihi warga yang sudah melakukan perekaman data KTP elektronik. (as)