Warga Bawean Keluhkan Sulitnya Peroleh Tiket Kapal

0
537 views

BeritaGresik.com – Masyarakat Bawean yang hendak pulang atau berangkat ke Gresik mulai mengalami kesulitan untuk mendapatkan tiket kapal laut menjelang puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri. Kondisi ini diduga terjadi akibat permainan para calo tiket.

Hal itu diungkapkan salah seorang calon penumpang yang tidak mau disebutkan namanya saat diwawancarai wartawan BeritaGresik.com di Pelabuhan Sangkapura, Bawean, Sabtu (13/6).

Menurut warga Bawean yang hendak berangkat ke Gresik itu, dirinya sangat kesulitan untuk mendapatkan tiket kapal. Padahal, masih banyak kursi kosong saat dirinya berhasil mendapatkan tiket dan masuk ke dalam kapal.

“Cari tiket susah sekali, padahal harga berapapun kami ambil. Namun, ketika di dalam kapal banyak kursi yang kosong. Begitu pula tiket untuk keberangkatan dua hari ke depan sudah terjual semua,” katanya.

Mereka menduga tiket kapal sudah di tangan para calo, sehingga calon penumpang sangat kesulitan untuk mendapatkan tiket meski tempat duduk di dalam kapal terlihat masih banyak yang kosong.

Kondisi seperti ini kerap dialami warga Bawean menjelang puasa dan lebaran. Antusias warga untuk mudik ke kampung halaman kerap dimanfaatkan para calo tiket untuk keuntungan pribadi. Mereka biasanya memasang harga tinggi melebihi harga tiket yang sudah ditetapkan.

“Tak mudah memang membersihkan calo tiket kapal Bawean- Gresik, apalagi jelang puasa dan lebaran yang tak lama lagi tiba. Bisa kita usahakan. Namanya juga cari rejeki,” ujar salah seorang calo tiket yang tidak mau disebut namanya. (zur).