Antisipasi Banjir, 1000 Relawan Bersih-bersih di BGS

0
919 views
1000 relawan melakukan bersih-bersih di sekitar Bendung Gerak Sembayat. (Foto: BG/Wan)
1000 relawan melakukan bersih-bersih di sekitar Bendung Gerak Sembayat. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Sebanyak 1.000 relawan dari sejumlah elemen warga melakukan aksi bersih-bersih di sekitar Bendung Gerak Sembayat (BGS). Ini dilakukan guna mengantisipasi bencana banjir yang dipicu luapan air sungai.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik dihadiri oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto beserta jajaran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sabtu (12/11/2016).

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, kegiatan ini dilakukan tak hanya untuk bersih-bersih saja. Tapi juga melatih kewaspadaan terhadap bahaya banjir akibat luapan air sungai.

“Dengan adanya musim global dan masuk musim penghujan, maka tidak menutup kemungkinan terjadi bencana banjir. Melalui kegiatan ini, kita tanamkan senantiasa menjaga kebersihan,” ujar Sambari.

Sementara itu, Kepala BPBD Pemkab Gresik Abu Hasan mengatakan, program ini merupakan program nasional untuk penanggulangan bencana. Apalagi BGS merupakan pengendali banjir wilayah di sekitar aliran sungai bengawan solo.

“Bendung Gerak sembayat ini tidak akan bermanfaat kalau masyarakat sekitar tidak peduli dengan kebersihannya,” kata Hasan.

Kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono menambahkan, bahwa Pemkab Gresik selalu berupaya untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat untuk menjaga kondisi lingkungan, terutama dalam menghadapi musim penghujan.

“Hal itu dilakukan untuk semakin mengurangi resiko banjir yang terjadi di kabupaten Gresik,” ucapnya. (wan)