Antisipasi Banjir, Polisi Pantau Ketinggian Air Sungai

0
1,362 views
Polisi rutin mengkur ketinggian air untuk mengantisipasi banjir. (Foto: Lest)
Polisi rutin mengkur ketinggian air untuk mengantisipasi terjadinya banjir. (Foto: Lest)

BeritaGresik.com – Memasuki musim penghujan, pihak kepolisian rutin melakukan pemantauan ketinggian air sungai di sejumlah kawasan di Kabupaten Gresik. Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi banjir.

Pemantauan rutin ini dilakukan anggota Polsek Sidayu terhadap ketinggian air sungai di kawasan setempat. Mereka kerap menyusuri tepian sungai untuk melakukan pengukuran ketinggian air.

“Semakin ada hujan, air itu naik sekitar 10 cm. Tapi saat siang agak kering ya turun lagi. Untuk banjir sebenarnya kiriman dari daerah lain,” kata anggota polsek sidayu yang tengah melakukan pengukuran, Selasa (11/10/2016).

Tindakan serupa dilakukan anggota Polsek Kebomas. Selain rutin mengukur ketinggian air, mereka juga melakukan patroli sambil memberikan imbauan agar warga mengsntisipasi terjadinya banjir yang dipicu meluapnya air sungai.

Imbauan kepada warga dilakukan dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat. Warga juga diberi tahu cara pembuatan penahan banjir dadakan dengan menggunakan ban. (lest/as)