Rayakan Kemerdekaan di Puncak Pataonan Bawean

0
1,289 views
Puluhan siswa Bawean dan mahasiswa UMG mengibarkan bendera merah putih di puncak Pataonan Bawean. (Foto: BG/Abr)
Puluhan siswa Bawean dan mahasiswa UMG mengibarkan bendera merah putih di puncak Pataonan Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com –¬†Menjelang Hari Kemerdekaan ke-71 Indonesia, beragam cara dilakukan masyarakat untuk menyambut dan merayakannya. Salah satunya dengan mendaki gunung.

Kegiatan itu pun dilakukan oleh siswa dan siswi Mambaul Falah di kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik, bersama belasan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Gresik serta jajaran perangkat desa Gelam.

Mereka memilih melakukan kegiatan mendaki gunung Pataonan yang terletak di Desa Gelam. Di puncak gunung tersebut, mereka mengibarkan bendera merah putih, Kamis (11/08/2016).

Sofa, salah seorang siswa MA Mambaul Falah menuturkan, pengibaran bendera di puncak Pataonan bukan tanpa alasan. Hal itu dimaksudkan untuk memberi gambaran bahwa tidak mudah mencapai puncak kemerdekaan yang telah dilakukan oleh para pejuang terdahulu.

“Ibarat mendaki gunung, untuk bisa sampai di puncak penuh dengan perjuangan yang melelahkan. Demikian juga dengan kemerdekaan ini, bukan hadiah dari penjajah, tetapi diraih dengan pengorbanan,” terang Sofa.

Salah seorang mahasiswa UMG, Jazilah, mengaku sangat senang dan terharu dengan pengalaman yang pertama kali dialaminya itu. Dia bahkan mengaku lelahnya mendaki gunung Pataonan terbayarkan setelah sampai di puncak.

“Tadi kita juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat menaikkan bendera,” pungkasnya. (abr)