2017, Alokasi Dana Desa Capai Rp 1 M

0
441 views

BeritaGresik.com – Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Budiarso Teguh Widodo mengatakan Alokasi Dana Desa (ADD) bagi masing-masing desa di Indonesia akan terpenuhi seluruhnya mencapai Rp1 miliar pada tahun 2017.

“Memang saat ini dana yang dialokasikan belum sepenuhnya, pada 2016 dana desa yang dialokasikan baru Rp46,79 triliun,” ucap Budiarso, saat sosialisasi kebijakan dana desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (12/8).

Rencananya, kata Budiarso, akan terpenuhi seluruhnya pada tahun 2017, artinya setiap desa akan menikmati dana sebesar Rp1 milliar dari APBN.

“ADD itu berasal dari pemerintah pusat dan diharapkan setiap desa bisa membangun dirinya sendiri, dan sudah bisa menjadi subyek bukan lagi obyek,” katanya saat berada di ruang Mandala Bhakti Praja, Kantor Bupati Gresik.

Dia menjelaskan pelaksanaan ADD sesuai dengan UU No 6 tahun 2014, terkait dibukanya kewenangan penuh desa dalam menjalankan roda pemerintahan, seperti hak asal usul, kewenangan lokal sekala desa yang diberikan pemerintah pusat.

“Ini berarti juga desa mempunyai sumber dana yang sangat besar seperti dari APBN, APBD kabupaten dan provinsi, hibah, retribusi, pajak, dan penerimaan desa lain yang sah,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku kucuran dana desa sebesar Rp1 milliar merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia, dan setiap kepala desa bisa memberikan pembinaan dan pendidikan bagi masyarakat desanya.

“Saat ini, desa sebenarnya juga bisa membangun dirinya sendiri, sebab sudah teralokasikan dana sekitar Rp700 juta/desa, dari pemerintah pusat dan minimal Rp250 juta sampai Rp300 juta dari pajak dan lainnya,” katanya.

Karena itu, Sambari berharap seluruh kepala desa dan perangkat di Kabupaten Gresik agar bisa mengendalikan diri, dan jangan terlena dengan banyaknya kucuran dana dari pemerintah pusat, agar kemudian hari tidak menyebabkan masalah pidana.

Hadir dalam sosialisasi kegiatan itu antara lain Anggota DPR RI Djazilu Fawait, sejumlah anggota DPRD Gresik, camat, kepala desa, dan tokoh masyarakat. [ant/as]