Gawat, Rusa Bawean Diburu dan Disembelih

0
3,731 views
Tragedi penyembelihan Rusa Bawean,

BeritaGresik.com – Belum lama ini warga Bawean dikejutkan oleh aksi perburuan dan penyembelihan Rusa Bawean (Axis kuhlii) secara terbuka melalui akun Facebook atasnama Abdul Latif Latif pada pertengahan Mei 2017. Pada caption Facebook tertulis, “#Episode Kumalasa#”, mengindikasikan perburuan itu terjadi di kawasan hutan Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

Pada salah satu foto yang diupload tampak aksi penyembelihan Rusa Bawean secara vulgar. Tampak juga seperti luka tembak pada bagian perut rusa malang yang dilindungi pemerintah itu. Namun tak lama berselang foto-foto itu dihapus dari akun bersangkutan.

Tak urung lagi, aksi memburu dan menggorok Rusa Bawean itu menuai kekecewaan warga, salah satunya Abdul Wahid, mantan aktivis Mahasiswa Bawean. Dia menyayangkan kejadian tersebut, terlebih jika dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan hukum. “Ini harus diusut tuntas. Kalau dibiarkan saja, Rusa Bawean bisa punah. Padahal IUCN (Uni Internasional Untuk Konservasi Alam) memprediksikan Rusa Bawean tersisa 300 ekor saja yang masih hidup di alam bebas,” kata Abdul Wahid, Senin (11/06/2017).

Kepala Resort Konsenvasi Wilayah BKSDA Bawean Nur Syamsi membenarkan peristiwa perburuan dan penyembelihan Rusa Bawean tersebut. Untuk itu pihaknya sudah menindak lanjutinya ke polsek Sangkupura.
“Memang benar, saya awalnya tahu dari media juga, kami sudah menindak lanjuti ke polsek setempat (polsek Sangkapura_red),” terang Nur Syamsi.

Atas tragedi itu menurut Nur Syamsi pihaknya juga sudah melaporkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.
“Kami juga sudah nembusi ke pimpinan di Surabaya, “tandasnya.

Foto aktivitas perburuan yang sempat diupload di facebook, di screenshoot sebelum dihapus

Peristiwa ini tentu bisa mencoreng Balai Besar KSDA Jatim selaku pengelola Cagar Alam dan Suaka Margasatwa pulau Bawean yang selama ini cukup serius melakukan upaya-upaya konservasi yang bertujuan mempertahankan populasi Rusa Bawean yang terancam punah.

Sebagaimana diketahui, Rusa Bawean merupakan satwa liar yang dilindungi pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. (Wan)