Dewan Segera Bahas Kasus Tanah Pasar Tambak

0
497 views
Rombongan Gema Pasar saat menemui Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid. (Foto: BG/Abr)
Rombongan Gema Pasar saat menemui Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com –┬áDPRD Kabupaten Gresik berjanji segera melimpahkan permasalahan tanah pasar Tambak, Kecamatan Tambak Bawean, ke Komisi A untuk ditindaklanjuti dan secepatnya diagendakan dalam rapat komisi.

Itu diungkapkan Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid saat menerima kedatangan sejumlah masyarakat Tambak yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Aspirasi Rakyat (Gema Pasar) Desa Tambak, Jumat (10/6/2016.

“Yang membidangi masalah ini adalah Komisi A, nanti surat ini saya limpahkan ke Kemosi A agar diagendakan pembahasannya dalam rapat,” kata Hamid kepada masyarakat yang mengadukan permasalahan tanah pasar itu.

Seperti diketahui, sejumlah masyarakat Tambak mempersoalkan penjualan sebagian tanah pasar Tambak yang diduga dilakukan oleh mantan kepala desa setempat. Padahal, status tanah diduga masih milik Pemkab Gresik.

Persoalan ini sempat dimediasi Muspika Kecamatan Tambak Bawean. Meski sudah dilakukan sejumlah pertemuan, masalah ini belum tuntas. Kemudian, warga mengadukan masalah ini ke Pemkab, Kejari Gresik hingga ke DPRD.

Saat menemui Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid dan mengadukan kasus tanah pasar Tambak, rombongan Gema Pasar desa Tambak meminta agar persoalan ini dibahas secara khusus dalam rapat komisi yang memang membidanginya.

“Kami berharap agar persolan tansh pasar Tambak ini dibahas di DPRD dalam rapat,” kata Sekretaris Gema Pasar, Musfir, saat menemui Ketua DPRD Gresik di ruang kerjanya.

Musfir mengatakan, sebagai lembaga kontrol DPRD perlu mengetahui persoalan dugaan penjualan bebarapa bidang tanah pasar Tambak. Untuk itu, pihaknya menyertakan satu bendel dokumen pendukung yang diperlukan.

Menurut dia, keterlibatan DPRD dirasa sangat penting, terutama jika terbukti benar tanah pasar Tambak itu aset Pemkab Gresik. “Maka, menjadi tanggungjawab DPRD Gresik juga untuk ikut mengawal,” pungkasnya. (abr)