Cegah Praktik Calo, Tiket Kapal ke Bawean Harus Sesuai KTP

0
578 views
Setiap calon penumpang kapal Express Bahari harus menujukkan KTP. (Foto: BG/Abr)
Setiap calon penumpang kapal Express Bahari harus menujukkan KTP. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Calon penumpang kapal yang akan ke Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik harus menunjukkan identitas diri berupa kartu tanda penduduk (KTP), baik saat membeli tiket maupun saat hendak naik ke kapal.

Langkah ini diambil manajemen Express Bahari, salah satu operator pelayaran yang melayani rute Gresik-Bawean. Hal itu dilakukan Express Bahari untuk mencegah terjadinya praktik calo tiket.

Kepala Cabang PT. Sakti Inti Makmur (SIM) Reven Putra menuturkan, jika tidak sesuai antara nama calon penumpang yang tertera pada tiket dengan kartu identitas saat boarding, maka tiket tersebut dianggap hangus.

“Saya ambil langkah tegas, tiket harus sesuai KTP (kartu identitas_red), kalau tidak sesuai, maka tiket akan hanguskan, ini kebijakan saya,” terang Reven, Minggu (12/6/2016).

Menurut dia, petubahan sistem dalam pembelian tiket ini untuk mempersempit kesempatan pihak-pihak lain menjual tiket dengan harga yang tidak sesuai. Ini sekaligus kometmen Express Bahari memberikan pelayanan yang baik.

“Ini jawaban dari maraknya isu calo, langkah tegas ini kami ambil sekagus menegaskan bahwa express bahari ingin memberikan pelayanan yang baik”, jelasnya.

Tindakan managemen Expess Bahari mendapat apresiasi positif dari para penumpang karena akan mempersempit kesempatan ruang gerak para calo.

“Saya rasa tindakan bahari itu sangat bagus, karena kesempatan calo semakin sempit, saya sangat mendukung kebijakan itu,” kata Nasruddin, salah seorang penumpang asal Tambilung. (abr)