Penumpukan Box Culvert Ganggu Pengguna Jalan

0
400 views

BeritaGresik.com – Penumpukan box culvert yang diletakkan di trotoar alun-alun Kota Gresik mendapat protes keras dari DPRD Gresik. Selain diangap mengganggu para pengguna jalan, box culvert tersebut juga mengganggu arus lalu lintas di Jalan KH Wachid Hasyim.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Gresik Syafi’ AM mendesak mendesak agar kontraktor yang menggarap proyek tersebut segera menyelesaikan pengerjaannya. Sebab, jika sampai terus dibiarkan dikhawatirkan mengganggu para pengguna jalan dan pengendara roda dua maupun empat.

“Kami mendesak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) segera memerintahkan kontraktor yang menggarap proyek itu,” katanya, Kamis (11/6).

Menurut dia, proyek tersebut seharusnya sudah dikerjakan. Namun, penumpukan box culvert di kawasan itu mengganggu pemandangan dan kenyamanan para pejalan kaki maupun pengendara yang melintas di Jalan KH Wachid Hasyim Gresik.

“Estetikanya kan jadi jelek, karena box culvert itu ditumpuk persis di depan Gedung DPRD Gresik dan alun-alun kota,” tambahnya.

Menanggapi protes dari dewan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik Bambang Isdianto mengatakan, pihaknya sudah mendengar adanya keluhan soal penumpukan box culvert. “Kontraktor yang menggarap CV Batu Mas sudah kami panggil untuk segera melakukan pengerjaan,” jelasnya.

Pembangunan box culvert menurut Bambang sedianya dijadwalkan selesai sebelum pertengahan Agustus 2015. Keberadaan box culvert tersebut rencananya akan ditanam tidak hanya di Jalan Wachid Hasyim guna mengatasi banjir saat musim hujan. “Nilai kontrak proyek itu Rp 1,8 miliar dari pagu anggaran sebesar Rp 2 miliar,” paparnya. [beritajatim/as]