Tim Ekspedisi NU Kumpulkan Sejarah Islam di Gresik

0
465 views
Tim Ekpedisi Islam Nusantara singgah di Gresik.
Tim Ekpedisi Islam Nusantara singgah di Gresik.

BeritaGresik.com – Tim Ekpedisi Islam Nusantara yang terdiri dari anggota Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) tiba di Gresik, Selasa (12/4/2016). Mereka akan mengumpulkan sejarah peradaban Islam di Nusantara, termasuk di Gresik.

Koordinator tim ekpedisi Imam Pitudu mengatakan, bahwa pihaknya bergerak dari Cirebon sejak 31 Maret lalu. Kemudian, mereka singgah di kota Semarang, Demak, Kudus, Rembang, Tuban, Lamongan dan Gresik.

“Rencananya, tim akan terus melakukan road show hingga bulan Juni mendatang dan berharap menemukan sejarah, nilai-nilai kebudayaan yang nantinya akan dijadikan film dokumenter serta ensiklopedia islam nusantara,” tuturnya.

Tim ekspedisi yang juga terdiri dari 35 jurnalis ini akan melakukan napak tilas dan rekam jejak petafaban Islam di 40 kabipaten atau kota. Mereka dinggah di Gresik dan dissmbut langsung Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Sambari mengatakan, Gresik merupakan tempat dengan peradaban Islam yang kental. Itu terbukti dengan banyaknya situs bersejarah terkait kebudayaan Islam, termasuk dua makam wali yakni Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim.

Dengan kentalnya peradaban Islam di Gresik, dirinya mendeklarasikan bahwa Gresik kota wali kota santri merupakan harga mati. “Dan itu dibuktikan dengan adanya beberapa pondok pesantren di Kabupaten Gresik,” imbuhnya. (wan)