Hacker Bobol Situs Resmi Pemkab Gresik

0
708 views
Tim
Antisipasi hacker, Pemkab Gresik gelar bimbingan teknik assesment website.

BeritaGresik.com – Peretas jaringan internet (hacker) membobol situs resmi pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik. Sejumlah data di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Gresik dirusak.

Kejadian itu dibenarkan Kepala Bagian PD Teknologi dan Informasi Kabupaten Gresik Rini Sulistiowati, Selasa (12/4/2016). Menurut dia, beberapa SKPD telah melaporkan banyaknya data yang amburadul dan bermasalah akibat ulah peretas.

“Sejumlah SKPD komplain akibat adanya hacker yang menjadikan tugas –tugas rutin di lingkungan kerja Pemkab Gresik amburadul, bahkan banyak data yang hilang,” ucap Rini, di acara Bimbingan Teknik Assesment Website di Gresik.

Namun, Rini tidak menyebut secara rinci jumlah dan data apa saja yang hilang akibat hacker. Dia hanya mengatakan bahwa saat ini pihaknya berupaya lebih berhati-hati agar tidak dibobol hacker lagi.

“Untuk mengantisipasi hal itu, Pemkab Gresik melalui Bagian PDTI melaksanakan Bimtek Assesment Website yang diikuti 58 operator se-Kabupaten Gresik hingga 13 April,” katanya.

Dengan adanya pelatihan itu diharapkan permasalahan yang dihadapi operator bisa diselesaikan sendiri. Bahkan, jika membutuhkan pendampingan, Rini mengaku siap memberikan bantuan.

“Kondisi semacam ini menjadikan kita harus lebih waspada dengan menyaring semua informasi, dan PDTI juga telah memiliki hosting, yakni suatu layanan standar untuk kebutuhan masyarakat,” ujarnya. (wan)