Napak Tilas Gresik Kota Wali & Santri

0
633 views
Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari-M Qosim beserta anggota Forpimda Kabupaten Gresik lainnya saat akan menggelar napak tilas bertajuk "Gresik Kota Wali dan Santri", Sabtu (14/3/2016). (Foto: BG/Wan)
Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari-M Qosim beserta anggota Forpimda Kabupaten Gresik lainnya saat akan menggelar napak tilas bertajuk “Gresik Kota Wali dan Santri”, Sabtu (14/3/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Gresik menggelar napak tilas, Sabtu (12/3/2016). Napak tilas kali ini sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT Pemkab Gresik ke-42 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-529.

Bipati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, napak tilas ke-5 selama dirinya memimpin Gresik ini mengusung tema “Gresik Kota Wali dan Kota Santri Harga Mati”. “Ini menegaskan Gresik sebagai Kota Wali,” kata Sambari dalam jumpa pers di Gresik, Sabtu (12/3/2016).

Guna membuktikan Gresik sebagai Kota Wali dan Santri, Sambari menyatakan akan mendirikan Islamic Center yang pembangunannya akan dimulai pada tahun depan. “Insyaallah tahun 2017 pembangunan sudah bisa dimulai,” ucapnya.

Untuk napak tilas yang ke-6, kata Sambari, nantinya dapat juga menampilkan bagaimana Kanjeng Sunan Giri pada saat membangun sektor pendidikan, ekonomi dan sektor lainnya. “Ini nanti yang akan kita siapkan secara bertahap,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik M Qosim mengatakan, dalam napak tilas ini nantinya seluruh anggota Forpimda akan memerankan para tokoh tempo dulu. “Pak Bupati akan memerankan sosok Prabu Satmoto, saya sendiri akan memerankan Syekh Grigis,” kata Qosim.

Napak tilas ini ditujukan untuk memberi pendidikan sejarah kepada masyarakat, sehingga diharapkan sejarah perjuangan para tokoh tetap tertanam. “Pada akhirnya sejarah tokoh Gresik tempo dulu akan melekat, dan masyarakat akan menghargai para leluhur,” ujar Qosim. (wan)