Nikmatnya Kuliner Nasi Krawu di Kota Gresik

0
993 views

BeritaGresik.com – Kota Gresik memiliki beragam kuliner yang tidak mungkin Anda temukan di kota-kota lain. Salah satu makanan khas kota santri ini yang mesti Anda cicipi yakni nasi krawu.

Nasi krawu merupakan makanan khas Gresik. Selain nasinya yang pulen, nasi krawu disajikan dengan daun pisang dengan lauk berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

Sayangnya, saat ini tidak mudah menemukan nasi krawu. Anda tidak cukup hanya mendatangi area perkotaan dan depot di pinggir jalan raya saja. Perlu menjelajah perkampungan untuk menemukan menu unik ini.

Nasi Krawu bisa dijumpai di Jalan Nyai Ageng Pinatih, yakni di Depot Mbuk Marjani. Di tempat ini aneka menu khas Gresik buatan orang Madura tersedia. Nasi krawu dihidangkan dengan lauk empal atau daging sapi goreng suwir.

Di Depot Mbuk Marjani juga disediakan nasi krawu dengan lauk bali belut, bali tahu, babat goreng, babat bumbu kecap, usus goreng, paru goreng, dan semur usus sapi disiapkan sebagai lauk pendamping nasi krawu.

Lauk seperti bali belut atau semur usus sapi ini jarang ditemukan di depot penjual nasi krawu lainnya. Masakan seperti ini kebanyakan ditemui di tempat makan yang diolah orang Madura asli.

Di masa lalu, nasi krawu merupakan makanan para pekerja di pelabuhan. Mbuk Marjani berjualan nasi krawu sudah lebih dari 40 tahun. Sebelumnya, dia menjajakan nasi krawu dan semur usus digendong keliling kampung.

Setiap jenis lauk diletakkan di atas piring besar. Semur usus diwadahi panci besar yang berada di atas kompor sehingga tidak pernah dingin. Jika dingin, kuahnya akan mengental (ngendhal) dan tak lagi menarik untuk dimakan.

Semur usus ini dibuat dari usus sapi bumbu bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan sedikit kecap. Proses memasaknya cukup lama yaitu mulai pukul 03.00 hingga 08.00, itu pun tidak pernah diturunkan dari kompor.

Jika Anda singgah di Kota Gresik, nasi krawu merupakan kuliner khas Gresik yang patut Anda coba. Selain nasi krawu, kuliner lainnya yang menjadi khas Kota Gresik adalah otak-otak bandeng dan kue pudak. [zr]