Tumpeng Raksasa Meriahkan Sedekah Bumi Warga Ngembung

0
1,158 views
Sedekah bumi warga desa Ngembung. (Foto: Istimewa)
Sedekah bumi warga desa Ngembung. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Warga di Desa Ngembung, Kecamatan Cerme, Gresik menggelar acara sedekah bumi, Sabtu (10/9/2016). Kegiatan ini merupakan wujud syukur warga setempat atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Sedekah bumi di Ngembung disambut antusias oleh warga setempat. Kehadiran dua tumpeng raksasa yang berisi beragam hasil bumi semakin menambah kemeriahan kegiatan tersebut.

Dua tumpeng raksasa atau gunungan tersebut berisi sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian. Gunungan berisi hasil bumi tersebut dibawa menuju Balai Desa setempat pada Sabtu (10/9/2016) siang.

Tidak hanya itu, pada malam harinya, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan wayang kulit. Sedekah bumi ini dihadiri Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi kegiatan sedekah bumi.

Dia menekankan agar adat dan budaya warga Ngembung ini tetap dilestarikan. Menurut dia, sedekah bumi merupakan wujud syukur warga Ngembung kepada Allah SWT atas karunia yang diberikan.

“Ini sebagai upaya ucap syukur atas karunia dan nikmat kepada Allah SWT yang telah memakmurkan warga Ngembung,” ucap Wabup Qosim. (zr)