Kucurkan Dana Ratusan Miliar, Gresik Optimis Raih WTN

0
861 views
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Setelah sukses menerima plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang lalu lintas untuk kategori kota kecil pada 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten Gresik berupaya kembali mendapatkan plakat tersebut pada 2016.

Berbagai persispan telah dilakukan guna mendukung seluruh sarana prasarana yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan kembali plakat WTN, mulai dari perbaikan infrastruktur maupun pembangunan sarana baru.

Untuk itu, pemkab mengucurkan dana sebesar Rp 472,1 miliar. Uang ini untuk berbagai pendanaan, mulai dari alokasi dana jalan dan jembatan Rp 177.3 miliar, DAK Rp 427 juta, APBD Rp 181,8 miliar dan PAD Transportasi Rp 112,6 miliar.

Untuk meraih plakat WTP, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto sudah memerintahkan jajaran Pemkab Gresik agar memperbaiki semua evaluasi yang disampaikan tim penilai WTN tahun lalu.

“Angkutan umum khususnya angkot harus berbadan hukum. Perbaiki trotoar sehingga lebih ramah terhadap penyandang cacat, penambahan jumlah halte dan perbaiki rambu lalu lintas yang masih terhalang,” kata Sambari.

Kepala Dinas Perhubungan Andhy Hendro Wijaya melalui Kabag Humas Suyono menyebutkan, ada tiga program unggulan yang dibangun dan direalisasikan pada 2016. Di antaranya pengoperasian shuttle bus peziarah makam Maulana Malik Ibrahim.

Kemudian, pengoperasian bus sekolah, serta pemasangan ATCS (Area Traffic Control System) di Perempatan Segoromadu. Selain itu, ada penambahan 2 ATCS di simpang empat GNI dan di Perlimaan Sukorame.

Selain dua program unggulan tersebut, ada program unggulan yang lain yaitu pembangunan Unit Pelaksana Tugas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT-PKB) yang akan dibangun di Wilayah Kecamatan Cerme Gresik.

”Untuk UPT PKB yang sekarang masih menggunakan lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tandas Kepala Dinas Perhubungan Andhy Hendro Wijaya melalui kabag Humas Suyono. (sdm/as)