Yahya Zaini Gagas Pembentukan Saudagar Bawean

0
617 views

BeritaGresik.com – Tokoh yang sekaligus pengusaha Bawean di Jakarta, Yahya Zaini, menggagas berdirinya perkumpulan “Saudagar Bawean”. Pembentukan perkumpulan ini difasilitas Kerukunan Warga Bawean Gresik (KWBG).

“Perkumpulan ini dibentuk untuk memperkuat sinergi dan mendukung kemajuan usaha warga Bawean dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian bangsa,” kata Yahya, Selasa (11/8).

Dia menjelaskan, gagasan pembentukan perkumpulan Saudagar Bawean salah satunya dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat Bawean rantau yang bergelut di sektor usaha.

Sebagai perantau, menurut dia orang Bawean memiliki kemampuan survival yang tinggi, dimanapun  mereka tinggal. “Ibarat pepatah Minang, di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” ucapnya.

Kejujuran, keramahan, keuletan, dan kerja keras dikatakan sebagai ethos dan modal utama yang dimiliki orang Bawean, agar bisa survive di daerah perantauan.

Kendati awalnya datang sebagai pekerja, tetapi dalam perkembangannya mereka banyak yang berusaha sendiri. Itu merupakan pilihan yang banyak dilakukan, sehingga lambat laun tumbuh menjadi pengusaha.

“Fenomena itulah yang dapat kita saksikan di daerah-daerah perantauan orang Bawean, seperti di Tanjung Pinang, Batam, Yogyakarta, Solo, Kediri, bahkan di manca negara seperti Malaysia,” jelasnya.

Selain untuk memperkuat sinergi, perkumpulan ini didirikan untuk mewujudkan saudagar Bawean sebagai pengusaha yang  tangguh dan berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Saudagar Bawean dideklarasikan pada 8 Agustus lalu di Gedung DPRD Kabupaten Gresik. Melalui tim 11 mereka memilih Ir.Asy’ari. MM sebagai Ketua Saudagar Bawean sementara (karateker).

Kemudian menunjuk Mohammad Yahya Zaini dan Samwil sebagai Dewan Penasehat. Perkumpulan ini akan segera menggelar Musyawarah Nasional paling lambat satu tahun dari sekarang. [as]