Nekad Nyuri HP, Dua Sejoli Ditangkap Polisi

0
383 views

BeritaGresik.com – Dua sejoli Sai’un Ujab (22), warga Jalan Pulosari, Dukuh Pakis, Surabaya dan Tatik (18) diamankan polisi, kemarin (10/11). Keduanya ditangkap karena kepergok mencuri dua telepon genggam (HP) android di sebuah Counter di Desa Dukun Anyar, Kecamatan Dukun, Gresik.

Otak dari pencurian itu adalah Sai’un. Dia memanfaatkan pacarnya, Tatik, asal Gayungan Surabaya yang juga masih berstatus sebagai pelajar. Kronologis penangkapan kedua pelaku ini bermula saat tersangka Tatik, berpura-pura akan membeli HP dengan bertanya harganya.

Pada saat itu, rekan tersangka, Andri Widianto meminta kepada pegawai Counter HP untuk mengambilkan HP yang diinginkan. Setelah kedua HP tersebut berada di atas meja, Andri memberikan kode kepada Tatik dengan cara menyenggol kakinya sebagai isyarat untuk lari.

Mendapat isyarat demikian, Tatik berlari ke arah sepeda motor yang dikendarai Sai’un dengan posisi mesin hidup. Sedangkan tersangka Andri menuju ke sepeda motor FSL yang kini masih menjadi DPO.

“Pada saat tersangka Tatik dengan membawa HP curiannya terjatuh, dia ditangkap warga. Sedangkan Andri berhasil kabur, sebaliknya Sai’un tertangkap setelah kekasihnya memberi tahu keberadaannya,” ujar Wakapolres Gresik Kompol Indra Mardiana.

Sementara itu, pelaku Sai’un mengaku dirinya mencuri HP diajak rekannya, buat pacaran dengan kekasihnya. “Saya buat pacaran dan buat membeli baju. Sebab, sejak saya keluar dari bekerja di restoran tidak punya uang lagi,” tuturnya.

Atas perbuatannya itu, ketiga tersangka Sai’un Ujab, Tatik, dan Andri Widianto telah diamankan polisi. Ketiga tersangka diancam pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. [wan]